Publikasi

Buku Pribadi

Sandiwara dan Perang; Politisasi terhadap Aktivitas Sandiwara Modern Masa Jepang di Jakarta, 1942-1945 (Ombak, 2009). Buku ini diangkat dari skripsi saya di Jurusan Sejarah Universitas Padjadjaran. Ulasan bisa dibaca di sini.

Hiburan Masa Lalu dan Tradisi Lokal: Kumpulan Esai Seni, Budaya, dan Sejarah Indonesia (INSISTPress, 2011). Cetakan pertama buku kumpulan artikel tentang sejarah seni tradisi di Jawa Barat, sejarah sandiwara, film, dan sebagainya. Sebagian besar artikel pernah dimuat di media cetak dan online. Salah satu ulasannya bisa dibaca di sini.

Manusia dalam Gelas Plastik (Indie Book Corner, 2012). Tiga belas cerita pendek bertema kritik sosial. Buku kumpulan cerpen pertama, dan barangkali terakhir. Beberapa cerpen pernah dimuat di media cetak dan online. Baca di sini.

Sirkus Ilusi: Sebuah Novel (Stiletto Indie Book, 2016). Novel pertama, dan mungkin terakhir. Baca di sini.

Para Penghibur: Riwayat 17 Artis Masa Hindia Belanda (BasaBasi, 2017). Kumpulan profil 17 artis film, penyanyi, dan pemain teater yang berkiprah sejak masa Hindia Belanda. Salah satu ulasannya bisa dibaca di sini.

Hiburan Masa Lalu dan Tradisi Lokal: Kumpulan Esai Seni, Budaya, dan Sejarah Indonesia (INSISTPress, 2018). Cetakan kedua, edisi revisi, dan tambahan beberapa artikel dari cetakan pertama yang terbit pada 2011. Pengantar oleh Afrizal Malna bisa dibaca di sini.

Tan Tjeng Bok: Seniman Tiga Zaman (KPG, 2019). Buku ini didukung berkat bantuan data dari kolektor Deddy Otara. Salah satu ulasannya bisa dibaca di sini.

 

Buku Antologi

Jalan Editor Seorang Mula Harahap (Tangga Pustaka, 2010). Buku kumpulan tulisan tentang editor penerbit buku, Mula Harahap. Kenangan terhadapnya sewaktu masih hidup. Baca di sini.

Orde Media: Kajian Televisi dan Media di Indonesia Pasca-Orde Baru (Remotivi dan INSISTPress, 2015). Buku kumpulan tulisan yang pernah dimuat di situs web Remotivi. Salah satu ulasannya, bisa dibaca di sini.

Menemukan Historiografi Indonesiasentris (Penerbit Ombak, 2017). Kumpulan prosiding Seminar Sejarah Nasional 2017 di Universitas Gadjah Mada (UGM). Saya menulis “Selebritas Masa Lalu: Studi Kasus Penelitian Biografi Tan Tjeng Bok dan Karyanya.” Bisa diunduh di sini.